Mengapa kita harus belajar Pemasaran?
- Banyak faktor yang berkontribusi dalam membuat bisnis sukses:
- Berfokus kepada customer
- Berkomitmen terhadap pasar
- Memahami dan memenuhi kepuasan customer
- Memotivasi orang-orang di organisasi (pegawai) agar dapat menarik customer tetapi tetap mengutamakan kepuasan customer
Marketing
Marketing adalah proses sosial dan manajerial yang di lakukan individu dan kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui membuat sesuatu atau mempertukarkan barang dan nilai dengan orang lain.
- Kebutuhan : sesuatu yang harus dipenuhi
- Keinginan: bersifat lebih kepada pilihan yang dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian
Produk
Produk adalah segala sesuatu yang bisa di tawarkan untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan. Itu termasuk juga objek-objek fisik, pelayanan, orangnya, tempatnya, lembaga yang mengelola, dan ide.
Produk dibagi menjadi 2, menurut sifatnya:
- Goods (Tangibels) : sesuatu yang dapat dirasakan panca indra
- Services (Intangibels) : sesuatu yang tidak dapat di sentuh tetapi dapat di rasakan seperti jasa atau pelayanan
Konsep Marketing
- Value (Nilai) : akan lebih bernilai jika dengan keterampilan dan kemampuan
- Satisfaction (Kepuasan) : memuaskan customer dan diri sendiri
- Quality (Kualitas) : dapat dibandingkan dengan orang lain atau nilai
- Exchange (Pertukaran) : jika mendapatkan sesuatu harus juga memberikan sesuatu
- Transaction (Kesepakatan)
- Relationship (Relasi)
Filosofi Manajemen Pemasaran
- Production Concept : membuat produk sebanyak-banyaknya dengan harapan harga produk menurun
- Product Concept : mengutamakan kualitas produk yang dihasilkan
- Selling Concept : keagresifitasan untuk menjual produk
- Marketing Concept: sudah mempertimbangkan harga, kualitas, dan tempat dan bagaimana produk akan dijual
- Societal Marketing Concept : tidak semata-mata mendapatkan keuntungan tetapi juga memberikan manfaat bagi lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar