Periklanan (Advertising) adalah semua bentuk terbayar atas presentasi nonpribadi dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas
- Dalam mengembangkan program iklan, manajer perusahaan harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli, lalu menggunakan lima keputusan utama ('lima M')
Lima M Iklan
Mission
- Tujuan penjualan
- Tujuan Iklan
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan:
- Tahap-tahap dalam PLC
- Pangsa pasar dan basis konsumen
- Persaingan dan kerumunan
- Frekuensi iklan
- Kemampuan penggantian produk
- Pembentukan pesan
- Evaluasi dan pemilihan pesan
- Pelaksanaan pesan
- Review tanggung jawab sosial
- Jangkauan frekuensi, dampak
- Jenis media utama
- Sarana media khusus
- Penetapan waktu media
- Alokasi media geografis
- Dampak komunikasi
- Dampak penjualan
Tugas komunikasi khusus dan tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemirsa tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Tujuan iklan:
- Iklan informatif : untuk menciptakan kesadaran dan pengetahuan tentang produk baru atau ciri baru produk yang sudah ada.
- Iklan Persuasif : untuk menciptakan kesukaaan, preferensi, keyakinan, dan pembelian suatun produk dan jasa.
- Iklan Pengingat : untuk merangsang pembelian produk dan jasa kembali.
- Iklan penguat : untuk meyakinkan pembeli bahwa mereka telah melakukan pilihan yang tepat.
c. Mengembangkan Kampanye Iklan
1. Pembentukan dan Evaluasi Iklan
Pengiklan selalu mencari "ide hebat" yang:
- Menghubungkan merek dan konsumen secara rasional dan emosional
- Membedakan merek dari pesaing dengan tajam
- Cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media, pasar dan periode waktu.
2. Pengembangan kreatif dan pelaksanaan:
- Iklan Televisi : sarana efektif yang menunjukkan secara langsung atribut-atribut produk dan menjelaskan secara persuasif manfaat-manfaat produk yang berhubungan dengan konsumen dan menjadi sarana yang mendorong untuk secara dramatis memotret pengguna dan gambaran penggunaan kepribadian merek, dan hal-hal tak berwujud lainnya dari merek tersebut.
- Iklan Media cetak : majalah dan surat kabar
- Iklan radio : biasanya cara mengiklankannya dengan suara percakapan yang menggambarkan produk yang diiklankan.
3. Masalah hukum dan sosial
- Pengiklan tak boleh membuat pernyataan salah
- Pengiklanan tidak boleh membuat iklan yang mempunyai kapasitas menipu
- Pengiklanan tidak boleh menyerang masyarakat umum, dan kelompok etnis, ras dan etnik tertentu
a. Memutuskan jangkauan frekuensi dan dampak
Pemilihan media adalah proses meneukan media yang paling efektif biaya untuk menghantarkan jumlah dan jenis paparan yang diinginkan kepada pemirsa.
Jumlah paparan terkait:
Jangkauan
- Frekuensi
- Dampak
- Total jumlah paparan
- Jumlah paparan tertimbang (weight numbers of exposures)
b. Memilih jenis media utama
Variabel yang diperhatikan antara lain:
- Kebiasaan permirsa media sasaran
- Karateristik produk
- Karakteristik pesan
- Biaya
Alternatif Opsi Iklan
a. Iklan tempat, mencakup:
- Papan iklan
- Ruang public, seperti pesawat terbang, arena olahraga, dalam lift kantor dan hotel, dll.
b. Penempatan produk, yakni dalam film atau acara TV atau dalam bentuk Adventorial
c. Titik Pembelian, yakni iklan dalam foto (Seperti di kereta belanja, lorong dan rak)
c. Memilih Sarana Media Khusus
Beberapa kemungkinan ukuran pemirsa yang harus diketahui dalam proses pemilihan:
- Sirkulasi
- Pemirsa
- Pemirsa efektif
d. Menentukan penentuan waktu dan alokasi media
Klasifikasi pola penentuan waktu iklan:
- Kontinuitas : paparan muncul serta konsisten sepanjang periode tertentu
- Konsentrasi : memerlukan pembelanjaan semua uang iklan dalam satu periode
- Bersedia : memerlukan iklan untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua
- Berdenyut : iklan berkelanjutan dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodic
e. Mengevaluasi efektivitas iklan
1. Riset Pengaruh Komunikasi
Berusaha menentukan apakah iklan berkomunikasi secara efektif.
Terdapat tiga metode pengujian utama:
- Metode umpan balik konsumen
- Uji portofolio
- Uji laboratorium
2. Riset Pengaruh Penjualan
Dapat dilakukan dengan analisis data historis dan eksperimental.
3. Promosi yang Digunakan
Terdiri dari keloksi alat insentif yang dirancang untuk menstimulasi pembelian yang lebih cepat atau lebih besar atas produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau perdagangan. Mencakup:
- Promosi konsumen
- Promosi dagang
- Promosi bisnis dan tenaga penjualan
Hubungan Masyarakat
Masyarakat adalah semua kelompok yang memiliki minat actual potensial atau mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan
Departemen humas, yang menjalankan kegiatan hubungan masyarakt dalam perusahaan melaksanakan lima fungsi, yakni:
- Hubungan pers
- Publikasi produk
- Komunikasi koorporat
- Melobi
- Konseling
Memasarkan Hubungan Masyarakat
Keputusan utama dalam humas:
- Publikasi
- Acara
- Pemberian sponsor
- Berita
- Pidato
- Kegiatan Layanan Masyarakat
- Media Identitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar