Sabtu, 01 Maret 2014

Manajemen Pemasaran Jasa - Analisis Lingkungan Pemasaran

Analisis Lingkungan Pemasaran

Marketing Environment
The actors and the forces outside marketing that affect marketing management’s ability to develop and maintain successful transactions with its target customers.

Bentuk-bentuk dari Marketing Environment:
  • Microenvironment è dekat (kekuatan yang dekat dengan kita).
  • Macroenvironment è luas


Microenvironment
The forces close to the company that affect its ability to serve its target customers.
The company it self, suppliers, market channel firms, customer markets, competitors, public.

  1.  The Company
  • Top Management
Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Kebijakan top management sangat mempengaruhi jalannya perusahaan. Contoh: Di dalam satuan pendidikan sekolah dasar, kepala sekolah sebagai top management yang mengatur dan mengelola terlaksananya kegiatan sekolah. Segala kebijakan kepala sekolah mengarahkan jalannya kegiatan sekolah dasar tersebut.
  •  Finance (Keuangan)

Tugasnya mengalokasikan dana sedemikian rupa agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau profitabilitas yang optimal dan mengendalikan keuangan perusahaan dengan mengadakan sistem dan prosedur yang dapat mencegah penyimpangan dan mengambil langkah perbaikan jika terjadi penyimpangan di dalam pelaksanaan usaha dan memengaruhi struktur keuangan dan alokasi dana. Contoh: Jika sekolah butuh menambahkan sarana prasaran di sekolah keuangan harus siap untuk menerima dan melakukan pembayaran kemudian membuat laporan pembelian sarana prasarana.
  •  Research & Development

Di dalam perusahaan membutuhkan riset dan pengembangan meliputi kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Contoh: Perusahaan sepatu selalu memproduksi sepatu sneakers, selain memproduksi perusahaan tersebut juga melakukan riset bahan-bahan apa yang membuat sepatu tersebut nyaman, tahan lama dan model yang bagus. Dengan melakukan riset tersebut diharapkan menghasilkan output sepatu yang berkualitas sehingga customer merasa puas.
  • Purchasing (Pembelian) 
  • Manufacturing (Proses Pembuatan)
  •  Accounting (Pencatatan) 
2. Suppliers
Provide the resources needed by the company to produce its good and sevices.
èwatch supply avability.
èmonitor the price trend of their key inputs.

3. Marketing Intermediaries (Perantara)
-          Perusahaan yang membantu perusahaan kita untuk pameran, menjual, dan mendistribusikan kepada konsumen akhir.
-          Termasuk reseller, perusahaan distribusi fisik, marketing services agencies, dan financial intermediaries.

4. Customer
  • Customers Markets
  •  Business Markets
  • Reseller Markets
  •  Government Markets
  • International Markets
5. Publics
  • Financial Publics
  •  Media Publics
  •  Government Publics
  • Citizen-action Publics
  • General Publics
  • Internal Publics

Macroenvironment
è demographic, economic, natural, technological.The large societal forces that affect the whole. Jadi lingkungan demografis, ekonomi, alam, dan teknologi menjadi kekuatan sosial terbesar yang mempengaruhi faktor ini.

Marketing management’s job is to attract and build relationship with customer by creating customer value and satisfaction è untuk menarik dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan menciptakan nilai pelanggan dan kepuasan. Namun, marketing manager untuk mencapai pekerjaan itu tidak melakukannya sendirian. Their success depends on another factor’s microenvironment.

1. Demographic Environment
  • Size
  • Density
  • Location
  • Age
  • Gender
  • Race
  • Occuption
  • Other statistic

 2. Economic Environment
  • Buying power (Daya beli)
  • Spending pattern (Pola pengeluaran)
3. Natural Environment
  • Shortages of raw material
  • Increased cost of energy
  • Increased pollution
  • Government intervention in natural resources management

 4. Technological Environment
  • New technologies
  • Creating new product
  • Market opportunities
  • Fast pace of technological change
  • High R&D budgets
  • Concentration on minor improvement
  • Increased regulation

 5.  Political Environment
  •  Laws
  • Government agencies
  • Pressure group
  • Legislation regulating business
  • Changing government

 6. Cultural Environment
  • Persistance of cultural values
  • Shift in secondary cultural value

o   People’s view of themselves
o   People’s view of others
o   People’s view of organizations
o   People’s view of society
o   People’s view of nature
o   People’s view of universe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar