Analisis Lingkungan Pemasaran
Marketing Environment
The actors and the forces
outside marketing that affect marketing management’s ability to develop and maintain
successful transactions with its target customers.
Bentuk-bentuk dari Marketing Environment:
- Microenvironment è dekat (kekuatan yang dekat dengan kita).
- Macroenvironment è luas
Microenvironment
The forces close to the company that affect its ability
to serve its target customers.
The company it self, suppliers, market channel firms,
customer markets, competitors, public.
- The Company
- Top Management
Bertugas
merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan
jalannya perusahaan. Kebijakan top management sangat mempengaruhi jalannya
perusahaan. Contoh: Di dalam satuan pendidikan sekolah dasar, kepala sekolah
sebagai top management yang mengatur dan mengelola terlaksananya kegiatan
sekolah. Segala kebijakan kepala sekolah mengarahkan jalannya kegiatan sekolah
dasar tersebut.
- Finance (Keuangan)
Tugasnya mengalokasikan
dana sedemikian rupa agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau
profitabilitas yang optimal dan mengendalikan keuangan perusahaan dengan
mengadakan sistem dan prosedur yang dapat mencegah penyimpangan dan mengambil
langkah perbaikan jika terjadi penyimpangan di dalam pelaksanaan usaha dan
memengaruhi struktur keuangan dan alokasi dana. Contoh: Jika sekolah butuh
menambahkan sarana prasaran di sekolah keuangan harus siap untuk menerima dan
melakukan pembayaran kemudian membuat laporan pembelian sarana prasarana.
- Research &
Development
Di dalam
perusahaan membutuhkan riset dan pengembangan meliputi kegiatan kreatif yang
terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan
penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi
produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi
baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Contoh: Perusahaan sepatu selalu
memproduksi sepatu sneakers, selain memproduksi perusahaan tersebut juga
melakukan riset bahan-bahan apa yang membuat sepatu tersebut nyaman, tahan lama
dan model yang bagus. Dengan melakukan riset tersebut diharapkan menghasilkan
output sepatu yang berkualitas sehingga customer merasa puas.
- Purchasing (Pembelian)
- Manufacturing
(Proses Pembuatan)
- Accounting
(Pencatatan)
2. Suppliers
Provide the
resources needed by the company to produce its good and sevices.
èwatch supply avability.
èmonitor the price trend of their key inputs.
3. Marketing
Intermediaries (Perantara)
-
Perusahaan yang
membantu perusahaan kita untuk pameran, menjual, dan mendistribusikan kepada
konsumen akhir.
-
Termasuk reseller,
perusahaan distribusi fisik, marketing services agencies, dan financial intermediaries.
4. Customer
- Customers Markets
- Business Markets
- Reseller Markets
- Government Markets
- International Markets
5. Publics
- Financial Publics
- Media Publics
- Government Publics
- Citizen-action Publics
- General Publics
- Internal Publics
Macroenvironment
è demographic, economic,
natural, technological.The large societal forces that affect the whole. Jadi
lingkungan demografis, ekonomi, alam, dan teknologi menjadi kekuatan sosial
terbesar yang mempengaruhi faktor ini.
Marketing management’s job is
to attract and build relationship with customer by creating customer value and
satisfaction è untuk menarik dan
membangun hubungan dengan pelanggan dengan menciptakan nilai pelanggan dan
kepuasan. Namun, marketing manager untuk mencapai pekerjaan itu tidak melakukannya
sendirian. Their success depends on another factor’s microenvironment.
1. Demographic
Environment
- Size
- Density
- Location
- Age
- Gender
- Race
- Occuption
- Other statistic
2. Economic
Environment
- Buying power (Daya
beli)
- Spending pattern
(Pola pengeluaran)
3. Natural Environment
- Shortages of raw
material
- Increased cost of
energy
- Increased pollution
- Government intervention
in natural resources management
4. Technological Environment
- New technologies
- Creating new
product
- Market
opportunities
- Fast pace of
technological change
- High R&D
budgets
- Concentration on
minor improvement
- Increased regulation
5. Political
Environment
- Laws
- Government agencies
- Pressure group
- Legislation
regulating business
- Changing government
6. Cultural
Environment
- Persistance of
cultural values
- Shift in secondary
cultural value
o People’s view of themselves
o People’s view of others
o People’s view of organizations
o People’s view of society
o People’s view of nature
o People’s view of universe
Microenvironment
Tidak ada komentar:
Posting Komentar