Sabtu, 15 Maret 2014

Marketing Mix - Pertemuan 6

Hari Selasa, 11 Maret 2014 pertemuan 6 bersama Dosen Manajemen Pemasaran Jasa Pak Amril Muhammad membahas materi tentang 'Marketing Mix' perkuliahan diadakan di IDB I lantai 6

Marketing Mix

  • Alat yang tersedia untuk sebuah bisnis untuk mendapatkan reaksi itu adalah mencari dari target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasarannya.
  • 7P : Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Environment
  • 4P tradisional diperluas untuk mencakup pertumbuhan industri jasa




  • Product (Barang/Jasa)
    • Desain
    • Teknologi
    • Kegunaan
    • Kenyamanan
    • Nilai
    • Kualitas
    • Kemasan
    • Merek
    • Aksesori
    • Garansi
    Produk adalah item yang sebenarnya bahwa pembelian konsumen, termasuk kemasan, gambar, garansi dan penggantian jika terjadi kerusakan.

    Metode yang digunakan untuk meningkatkan / membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan yang lebih efektif untuk mendapatkan sebuah keunggulan kompetitif misalnya:
    • Extension strategies (Srategi Berkelanjutan)
    Bisnis yang ingin memperpanjang umur produk yang telah mencapai jatuh tempo atau menurun dapat mengubah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah:
    1. Produk : mengubah kemasan, memperkenalkan versi baru
    2. Harga : mengurangi harga untuk menarik pelanggan
    3. Promosi : memperkenalkan kampanye iklan baru
    4. Tempat: merubah dimana produk itu bisa dibeli, misalnya: secara online
    • Branding (Merek)
    Sebuah produk dengan ciri khasnya
    - Dengan cepat dikenali melalui logo, kemasan, rasa, iklan dan fitur lainnya
    - Diyakini jaminan kualitasnya
    - Beberapa merek memiliki "snob value" (nilai yang memiliki kebanggaan tersendiri ketika digunakan)
    - Biasanya dikenakan biaya lebih
    • Brand Loyalty (Loyalitas Merek)
    Beberapa pelanggan yang loyal kepada merek tertentu. Mereka akan membeli merek lagi dan lagi dan juga produk lain yang terkait. Misalnya:
    Konsumen yang membeli Fairy Washing-up Liquid juga akan membeli Washing Powder dan Dishwasher Powder dengan merek Fairy pula.

    Produk ini sering dijual di tempat-tempat yang memperkuat brand image, misalnya minuman olahraga di pusat-pusat rekreasi


    Price (Harga)
    • Strategi:
    • Peluncuran
    • Terombosan
    • Psikologis
    • Tambahan Biaya
    • Kerugian pemimpin dll
    Sejumlah pelanggan siap untuk membayar untuk produk atau jasa.

    Berapa yang terbaik untuk suatu produk?
    Pengisian harga yang tepat adalah bagian yang sangat penting dari bauran pemasaran
    Berapa besar harga yang akan Anda tetapkan akan tergantung pada:
    - Berapa biaya untuk membuat produk Anda
    - Berapa besar harga yang pesaing Anda berikan
    - Apakah Anda sedang mencoba untuk memperkenalkan produk baru
    - Citra yang Anda inginkan untuk produk Anda

    The Pricing Decision (Keputusan Kalkulasi Harga)
    • Sebuah harga yang rendah akan menarik penjualan. Hal ini memungkinkan untuk menjual dalam jumlah besar dengan biaya rata-rata yang rendah.
    • Sebuah harga rata-rata, berarti anda harus bersaing dengan pesaing anda dengan cara selain harga, misalnya dengan memiliki kualitas produk yang lebih baik atau promosi atau iklan yang lebih baik. 
    • Sebuah harga yang tinggi dapat dikenakan jika produk anda terlihat lebih baik daripada pesaing anda. 
    Pricing Techniques (Teknik Kalkulasi Harga)
    • Berdasarkan Waktu Cocok untuk memperbaiki mesin cuci di mana harga tergantung pada seberapa lama pekerjaan dibutuhkan.
    • Tambahan Biaya - Menghitung berapa banyak biaya untuk membuat sebuah produk kemudian menambahkan laba.
    • Memulai terombosan kalkulasi harga Sebuah perusahaan membawa keluar produk baru atau mencoba masuk ke pasar mungkin menetapkan harga rendah pada awalnya untuk menarik konsumen (terombosan).
    • Dari atas peluncuran harga - Produk yang memiliki gengsi atau produk yang baru sangat dicari sering dapat dijual dengan harga tinggi karena konsumen ingin dikaitkan dengan produk bergengsi tersebut.
    • Perusak - Menjual produk dengan harga yang sangat rendah dalam rangka untuk menghancurkan pesaing. Setelah perusahaan saingan telah dipaksa keluar dari bisnis harga produk akan meningkat.
    • Berorientasi Pasar - Menjual produk dengan harga sesuai dengan pesaing. Ini adalah yang sering terjadi dimana ada banyak kompetitor.

    Place (Tempat)
    Sarana yang produk dan jasa didapatkan dari produsen kepada konsumen dan di mana mereka dapat diakses oleh konsumen. Semakin banyak tempat untuk membeli produk dan semakin mudah dibuat untuk membelinya, semakin baik untuk bisnis (dan konsumen).
    • Eceran
    • Grosir
    • Mail order
    • Internet
    • Penjualan langsung
    • Peer to Peer
    • Multi channel
    Ini adalah rute produk diperlukan untuk mencapai konsumen

    The Market Place (Tempat Memasarkan)
    Tidak peduli seberapa baik produk, produk harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Pembeli dan penjual bertemu dengan cara berikut:
    • Toko
    • Uang Tunai dan dibawa
    • Kios pasar
    • TV channel belanja
    • Internet
    • Surat kabar dan majalah
    • Mail order
    • Direct mail 
    • Toko pabrik
    Channel of Distribution (Saluran Distribusi)
    • Pabrik - Grosir - Eceran - Konsumen
    • Pabrik - Eceran - Konsumen
    • Pabrik - Konsumen
    Promotion (Promosi)
    Promosi adalah cara di mana konsumen dibuat menyadari suatu produk atau jasa dan dibujuk untuk membeli
    • Penawaran Khusus
    • Pengiklanan
    • Dukungan
    • Percobaan Pengguna
    • Direct mailing
    • Surat edaran/poster
    • Hadiah gratis
    • Kompetisi
    • Usaha Patungan
    Tujuan promosi adalah untuk
    • Membujuk konsumen untuk membeli produk 
    • Menginformasikan konsumen tentang produk 
    • Ingatkan konsumen bahwa produk tersebut masih ada
    Media:
    - Televisi
    - Koran -> Nasional, Mingguan, Lokal
    - Majalah
    - Radio
    - Cinema
    - Outdoor media
    - Internet
    - Direct mail

    Diatas Jalur Promosi
    Ini adalah target semua orang bahkan mereka yang tidak tertarik pada produk
    - TV
    - Radio
    Koran
    - Majalah

    Di bawah garis produksi
    - Bisnis memiliki kontrol langsung
    - Email yang ditujukan langsung (pos atau email)
    - Penjualan pribadi
    - Perdagangan pameran

    Pemilihan media iklan tergantung pada :
    - Produk
    - Para penonton yang akan ditargetkan
    - Jenis cakupan , misalnya nasional atau lokal
    - Jumlah yang Anda ingin habiskan
    - Iklan yang digunakan oleh pesaing

    Promosi penjualan
    - Bujukan jangka pendek digunakan untuk mendorong penjualan
    - Ada 2 kelompok promosi penjualan
      - Ke jaringan pipa
      - dari jaringan pipa

    Promosi - Strategi untuk membuat konsumen menyadari keberadaan suatu produk atau jasa. Bukan hanya iklan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar